Selasa, 30 Juni 2020

thumbnail

8 manfaat dari menonton sebuah film

Manfaat dari menonton sebuah film


Film memiliki manfaat sebagai media yang baik untuk mengurangi stress dan kepenatan setelah seharian melakukan aktifitas yang melelahkan. Selain itu, terdapat hal umum yang bisa kita pelajari dari sebuah film. Banyak orang setidaknya dalam hidupnya pernah menonton film entah di bioskop, TV,  atau membeli film yang disukai untuk diputar di laptop dan ditonton di rumah bersama keluarga, teman atau orang yang tersayang. Namun, selain membantu menurunkan tingkat stress yang dialami seseorang, film juga mengajarkan kita banyak hal secara tidak langsung melalui pesan-pesan yang tersirat di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari menonton sebuah film

1.    Sisi baik dan buruk sesuatu atau seseorang

Hampir semua film menyajikan aspek baik dan buruk seseorang ataupun sesuatu hal. Sisi baik dan buruk inilah yang membuat sebuah film itu menarik karena menciptakan kedekatan atara dunia film dan dunia nyata.

2.    Jalan keluar itu tidak selalu menyenangkan

Film-film yang disajikan ke masyarakat umum kadang memberikan sebuah jalan keluar yang tidak biasa. Kita juga dapat belajar bahwa dalam sebuah kesulitan, akan ada jalan keluar yang bisa dalam bentuk kesulitan lainnya, hal yang menyakitkan ataupun sesuatu yang menyenangkan. Film dengan jalan keluar yang tidak dapat diprediksi biasanya dapat menciptakan ketegangan dan rasa penasaran penonton.

3.    Menyerah bukan berarti kalah

Banyak orang beranggapan bahwa menyerah adalah sebuah langkah untuk menjadi orang yang kalah dalam sebuah pertarungan. Namun tidak selalu demikian, dalam kondisi tertentu dimana kita dihdapkan pada pilihan yang sulit, menyerah merupakan solusi yang bisa diambil supaya terhindar dari situasi tersebut dan dapat menyusun rencana baru untuk kedepannya.

4.    Tidak mudah menyerah

Kondisi hidup yang penuh dengan kesulitan dan kemalangan kadang membuat seseorang akan dengan mudahnya menyerah. Menyerah memang sebuh pilihan. Namun jika ada sedikit harapan akan kemenangan, kita harus tetap berusaha dan pantang menyerah.

5.    Perubahan seseorang ketika dihadapkan pada kesenangan atau penderitaan

Baik buruk, senang susah adalah hal yang saling berkaitan dalam hidup manusia. Begitu juga film yang kebanyakan diangkat atau diadaptasi dari kehidupan nyata. Ketika seseorang mendadak menjadi kaya raya, tidak semua orang siap dan bahkan beberapa berubah drastis dari segi sifat dan sikap dari yang sebelumnya rendah hati menjadi sombong, dari yang sebelumnya sopan dan baik menjadi tidak acuh dan kasar. Begitupula ketika seseorang dihadapkan dalam keadaan sulit, beberapa orang mengemis bantuan, beberapa orang tetap tegar dan berusaha untuk tetap bertahan. Emosi dan sifat adalah hal  kompleks yang berubah secara random atau tidak terprediksi.

6.    Kerjasama tim

Kerjasama tim tidak hanya berguna untuk diri pribadi atau tim saja tetapi juga untuk orang lain. Film yang menonjolkan tentang kerjasama tim banyak disajikan dalam film yang bertemakan action, adventure, horror dan hamper semua jenis film. Adegan ini dapat memberikan pelajaran yang berharga dimana manusia tidak dapat berdiri sendiri dan harus saling membantu satu sama lain.

7.    Kadang kita harus melakukannya sendiri

Berbeda dengan poin ke-6 sebelumnya dimana kita belajar dari kerjasama tim yang solid, kadang kita juga harus bias mengerjakan sesuatu secara individu. Kita tidak ingin menyeret orang lain ke dalam masalah yang kita hadapi karena itu dapat memperkeruh keadaan.

8.    Efek dari penampilan dan materi

Manusia adalah makhluk visual yang terkadang lebih menonjolkan penampilan untuk menyenangkan diri sendiri dan orang lain yang melihat. Penampilan yang buruk akan mendatangkan cemoohan dari orang lain sedangkan penampilan yang baik akan mendapatkan penghargaan atau apresiasi. Perubahan penampilan dari buruk menjadi baik dan dari baik menjadi buruk sering dikemas dalam film.



Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments